Kamis, 04 Januari 2018

IABIE adakan Supermentor

BOGOR – Ikatan Alumni Program Habibie (IABIE) kembali mengadakan program unggulannya bertajuk IABIE Supermentor. Mengambil tema “Generasi Milenial Dunia Tanpa Batas”, acara tersebut diadakan di hadapan sekitar 320 siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri  (SMKN)  1 Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (4/1).

Ketua Umum IABIE, Bimo Sasongko, mengatakan, kegiatan Supermentor diadakan sebagai bentuk dedikasi para alumni yang sudah diberikan kesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (kemenristekdikti).

Menurut Bimo, acara ini merupakan bentuk komitmen untuk ‘mengembalikan’ hal yang sudah mereka dapatkan dari Negara. “Caranya, dengan datang ke sekolah-sekolah untuk memotivasi pelajar agar terus mengenyam pendidikan,” ujarnya kepada Republika, Kamis (4/1).

Mulai diselenggarakan sejak November 2017, Supermentor diadakan hampir tiap pekan di sekolah dan perguruan tinggi. Untuk tahap awal ini , Supermentor baru dilakasanakan dibilangan Jabodetabek. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan area program diperluas pada bulan depan.

Menurut Bimo, program Supermentor tidak hanya dilakukan di sekolah. Supermentor juga akan melebarkan sayap hingga menyentuh masyarakat kalangan bawah. “Sebab, pendidikan itu hak semua kalangan. Tema yang akan kami bawakan tetap sama yang intinya mengajak orang orang untuk menempuh pendidikan,” ucapnya

Pada tahun ini, IABIE menargetkan setidaknya 1000 kegiatan Supermentor akan diadakan, baik itu di sekolah maupun lingkunganmasyarakat menengah ke bawah. Tujuan Supermentor tetap sama, yakni meningkatkan motivasi pelajar untuk tidak lelah mencari ilmu.

Supermentor di SMKN 1 Gunung Putri dilakukan di hadapan siswa-siswi kelas 12 yang pada  pekan ini baru saja memasuki semester enam. Menurut guru bimbingan konseling SMKN 1 Gunung Putri, Karyadi, Supermentor merupakan bagian dari acara Career Day yang berlangsung dari Rabuhingga Jumat (3-5/1).

Karyadi menjelaskan, rangkaian acara meliputi kegiatan seminar dan festival bedah jurusan serta tempat kuliah. “Pada intinya, bagaimana siswa kami mengetahui tujuan mereka sedari dini,” ucap lelaki yang juga menjabat sebagai ketua acara Career Day.

Dia melanjutkan, awal semester enam merupakan waktu yang tepat bagi siswa SMK maupun SMA untuk mengetahui tujuan hidup mereka. Sebab, hanya dalam waktu htiungan bulan lagi, para siswa akan memasuki dunia yang berbeda, yakni antara dunia kerja atau pendidikan tinggi.


Karyadi mengatakan, pembekalan dalam Career Day, termasuk Supermentor, akan memudahkan siswa untuk memetakan apa yang harus mereka lakukan kelak. “Ketika sudah diberi bekal ini, mereka jadi tahu langkah apa saja yang sebaiknya dilakukan,” ujarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar