Kamis, 20 Oktober 2016

Kegiatan pendampingan siswa PPS S1 Jepang

Senin, 17 Oktober 2016

Kyoto - Jepang


Kegiatan pendampingan siswa PPS S1 Jepang, angkatan 3 grup Sapporo, tahun 2016-2017 a.n. Marsal Arsalan:
1. Pembukaan rekening bank
Pemerintah Jepang mulai tahun ini memberlakukan peraturan perbankan yang lebih ketat. Di beberpa bank, salah satu syarat pembukaan rekening bagi orang asing yaitu minimal tinggal di Jepang selama 6 bulan. Dalam pembukaan rekening kali ini, kami menggunakan Japan Post Bank, dimana syarat tersebut belum berlaku sehingga pembukaan rekening bisa dilakukan.
Proses pembuatan rekening yang biasanya hanya memakan waktu 30 menit, sekarang harus melawati proses yang lebih panjang dan rumit. Oleh karena itu butuh waktu sekitar 3 jam untuk prosesnya.
Untuk membuka rekening bank lebih baik terlebih dahulu menghafalkan catatan katakana untuk nama berdasarkan ucapan bahasa Jepang setelah berkonsultasi dengan guru bahasa Jepang. Untuk mengajukan permohonan kartu ATM, lebih baik terlebih dahulu menentukan nomor rahasia yang terdiri dari 4 angka. Kartu ATM dikirim 1-2 minggu kemudian melalui pos.
2. Welcomeparty PPI Kyoto
Euro Management Indonesia mengarahkan siswa untuk mengikuti PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) agar dapat menambah koneksi dan belajar berorganisasi.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar